Peluang Usaha Sewa Motor, Berikut hal-hal yang harus diketahui

Motor adalah sebuah kendaraan yang praktis dan saya yakin setiap orang bisa menggunakannya. di indonesia ada berbagai jenis motor mulai dari motor metik, motor gigi dan ada pula motor gede (moge).

Jasa sewa motor di kota-kota terbilang masih terbilang menjanjikan, pasalnya pelaku usaha di bidang ini masih sangat kurang dan persaingan tidak begitu ketat.

Permintaan akan sewa motor terbilang sangat tinggi dimana di beberapa tempat orang masih kesulitan mendapatkan tempat penyewaan motor yang bisa disewakan harian, mingguan bahkan bulanan.

Pangsa pasar sewa motor membidik orang yang bepergian dari jauh dengan berbagai kepentingan seperti pergi berwisata, pergi melakukan tugas, bersilaturahmi dengan keluarga di kota kita dan lain sebagainya. bahkan orang disekitar kita pun kadang mencari motor yang disewakan untuk keperluan tertentu.

Peluang Usaha Sewa Motor


Jika anda seorang yang sedang mencari-cari peluang bisnis baru dan bingung ingin berusaha di bidang apa, mungkin jasa sewa motor bisa menjadi pertimbangan untuk di usahakan. tingkat pengembalian modal sangat cepat dan apabila ditekuni bisa membuat anda tambah sukses.

Menurut hemat saya bahwa peluang usaha ini sangat menjanjikan dengan berinfestasi dengan beberapa jumlah kendaraan berupa motor hanya butuh sekitar 230 hari modal pembelian motor anda bisa kembali dan hari-hari berikutnya tinggal panen uang dari hasil menyewakan motor tersebut.

Analisa Keuntungan Usaha Jasa Sewa Motor


Dalam setiap usaha yang ingin di hasilkan adalah keuntungan, karena percuma saja kalau kita berusaha tapi merugi itu sama halnya dengan membuang-buang waktu kita. Berikut asumsi sederhana keuntungan menyewakan 1 buah motor.

  • Misal 1 Buah motor MIO M3 harga barunya Rp.17.000.000
  • Tarif sewa harian motor Mio M3 Biasanya Rp 75.000 perhari
  • Harga Motor di bagi tarif sewa = 17.000.000/75.000 = 227 hari
  • 227 hari = 7.5 Bulan.

Jadi hanya butuh sekitar 7.5 bulan saja modal kita sudah bisa kembali dan sisanya tinggal menikmati keuntungan dari jasa tersebut. seandainya kita mempunyai 10 buah motor dengan jenis yang sama, maka keuntungan kita bisa mencapai 750.000 perhari atau sekitar 22.500.000 perbulan.

Resiko Usaha


Dalam setiap usaha pasti ada yang nama nya resiko. usaha apapun itu tanpa terkecuali, misal kita menjual ayam potong, resiko usahanya adalah kita harus menerima jika salah satu dari ayam yang kita jual mengalami kematian. misalkan juga kita menjual bakso, kadang tidak laku dan baksonya jadi tersisa dan terbuang begitu saja.

nah begitu pulsa usaha di bidang penyewaan motor, mungkin saja terjadi kerusakan mesin, terjadi kecelakaan oleh penyewa, atau motornya sudah beberapa hari tidak kembali, atau penyewa tidak membayar biasa yang seharus nya di bayarkan dan lain-lain.]

Tugas kita sebagai pengusaha ialah meminimalisir resiko yang ada sehingga ada aturan-aturan yang harus di jalankan dan menjadi kewajiban kita menerapkan aturan tersebut sebagai bentuk untuk mengurangi resiko buruk yang mungkin akan terjadi.

Aturan yang di terapkan bisa dengan memberikan syarat-syarat atau akad yang harus di penuhi oleh penyewa, pemeliharaan motor secara berkala, mengasuransikan kendaraan, memberikan perlengkapan berkendara yang sesuai dengan standar dan lain sebagai nya.

Untuk menghindari penyalahgunaan kendaraan yang disewakan sebaik nya syarat penyewa harus di perketat. sebaiknya penyewa harus melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum diberikan haknya sebagai penyewa. adapun syarat dari beberapa jasa sewa motor yang sudah beroperasi pada umumnya silahkan klik SYARAT SEWA MOTOR.

(Visited 178 times, 1 visits today)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *